MENGEJA RUMUS MATEMATIKA HANYA AKAN MEMBENAMKAN DIRI DALAM KETIDAKMAMPUAN YANG AKHIRNYA BERDAMPAK PADA KEMAMPUAN DI BIDANG MATEMATIKANYA. JANGAN MENGEJA, BERIKAN PENGERTIAN MATEMATIKA PADA DIRI DAN MULAILAH MENCINTAI MATEMATIKA.

Semua orang pasti sudah tau apa itu matematika. Pelajaran yang penuh dengan angka, rumus dan perhitungan yang rumit. Ada sebagian orang tertarik dan tertantang untuk menaklukkannya. Tapi, ada juga yang menganggap pelajaran ini sebagai momok yang menakutkan hingga mencapai taraf PHOBIA.

Hemm……… fatal banget kan. Mungkin itu semua berawal dari kurangnya pemahaman dan excited someone itu sendiri dalam menyelesaikannya.

Dalam menghadapai hal ini sebaiknya kita harus merubah mindset tentang pelajaran matematika itu. Kita harus selalu berfikir positif bahwa pelajaran matematika itu tidak sesulit yang kita bayangkan.

Perlu diingat, mengubah mindset memang tidak semudah sepertu halnya membalik telapak tangan. Perlu cara perlahan namun pasti. Pandanglah matematika itu sebagai seni. Seni berfikir logis yang menuntut akal kita untuk tetap kreatif. Kita juga bisa menyelesaikan problem matematika menggunakan sebuah metode analisa dan menciptakan suatu alat untuk menjawab problem itu. Itu adalah salah satu cara mempelajari matematika dianggap sebagai seni-seni yang mampu menciptakan suatu yang baru dan hasilnya bisa menjadi acuan orang lain dalam menemukan karya-karya selanjutnya.

Sebenarnya itu semua merujuk kepada perlakuan kita terhadap matematika, bagaimana sisi dalam diri kita memandang. Apa matematika itu menarik atau tidak. Satu hal yang membuat orang gak tertarik pada matematika adalah rumus matematika. Menjadi tidak menarik karena banyaknya rumus tersebut menuntut kita untuk menghafalkannya. Jika gak hafal otomatis kita juga gak bisa mengerjakan soal itu dengan benar. Tetapi, tidak mutlak kalau matematika itu pelajaran menghafal. Mulailah sedikit demi sedikit merubah pandangan itu. kita tanamkan rasa cinta kita kepada matematika. Yang istilah kerennya adalah LOve in Mathematic. Yakinkan diri kalau matematika itu gak sulit dan ingat, matematika menunggu untuk kita pecahkan. Materi dalam matematika yang di dalamnya terdapat terdapat rumus baku sebenarnya tidak perlu dihafalkan. Mengingat matematika sebagai dasar dari ilmu eksata yang jauh dari kata hafalan. Kita cukup membuat rumusnya lalu kita kembangkan sendiri dengan proses kreatif kita, selanjutnya dipahami, dengn kata lain, kita temukan point untuk kita turunkan rumusnya. Setelah kita temukan turunannya latihlah kemampuan otak kita untuk mengerjakan soal-soal. Kalau ditemukan jawaban pasti, berarti kebenaran dari rumus itu telah dipecahkan. Kalau ada soal baru, kita bisa menjawab soal itu dengan baik karena sebenarnya inti soalnya sama, hanya redaksi soalnya yang berbeda. sebaiknya dalam menghadapai soal matematika kita jangan menggunakan rumus praktis, karena itu hanya akan menjegal langkah kita untuk lebih memahami matematika. Ehmmm……. masih menganggap matamatika itu sebagai momok yang menakutkan! Brani katakan “GAK” dong! Mulai sekarang, yakinkan diri kalu kita bisa merubah pandangan poor mathematic ke arah fresh mathematic. Rumus matematika bukan untuk dihafalkan tapi untuk dipahami.

WEll, sebelum posting ini tutup, ada panduan nih buat kamu yang siap jadi pejuang mathematic. Surely mampu memecahkan puluhan soal yang terlihat dalam ratusan kotak sekalipun…

  1. Ubah mindset ke arah positif (udah diomongin di atas)
  2. Tanamkan pula dalam mindset tersebut bahwa guru bukan sumber dari segala IP, sehingga seseorang tidak harus menunggu info dan perintah dari guru untuk menyelesaikan soal matematika.
  3. Sering-sering deh mengerjakan soal matematika sendiri. Jika ada yang kurang pahamtanyakan aja pada teman-teman or bisa juga pada guru.

Tunggu apalagi! Ambil penamu, mainkan pikiran dan bakar semangatmu (jangan bakar blog ane) . Stay focus to fight! Mempelajari kehebatan matematika. Karena matematika adalah sesuatu yang menunggu untuk dipecahkan matematika itu asik dan mudah untuk kita taklukkan.

SELAMAT BERJUANG! :mrgreen:

Sumber (I love This Article) : http://elnicovengeance.wordpress.com/2011/05/28/mathematic-in-love/#contact-form-widget-2

About haniahfebri

I Love Math

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s